Prestasi

Prestasi

Perolehan anugrah penghargaan Good Design level 6 KKNI diberikan oleh Forum Program Studi Desain Produk Indonesia dari ADPII (Aliansi Desainer Produk Industri Indonesia) pada IIDSA (Indonesia Industrial Design Student Award) ke-2 yang diselenggarakan pada tanggal 20 Desember 2021.

Mahasiswa yang mendapat penghargaan tersebut adalah:

• Hatguna (MK.DP5) kategori Emotional Design Solution untuk karya desain produk “RUHE Companion untuk Ibu Hamil”.

• Andre Hexamillenov Q. Y. (MK.DP5) kategori Design with Consumer Life-Style Oriented Solution untuk karya desain produk “Thule Roundtrip Sport Pro”.

• Vicky Juliet (MK. DP4) kategori User-Friendly Design Solution untuk karya desain produk “Alat Olahraga Ringan dan Portabel untuk Pekerja Startup”.

 

Hatguina (Desain Produk 2018) dan Vicky Juliet (Desain Produk 2018) menjadi Juara I “Lomba Karya Tulis Ilmiah Populer” dalam rangka Dies Natalis Universitas Trisakti ke-56, dengan judul karya ilmiah “Tinjauan Ergonomi pada Desain Sarana Pembuangan Sampah di Taman Tribeca, Jakarta Barat”.

Perolehan anugrah penghargaan Good Design level 6 KKNI diberikan oleh Forum Program Studi Desain Produk Indonesia dari ADPII (Aliansi Desainer Produk Industri Indonesia) pada IIDSA (Indonesia Industrial Design Student Award) ke-1 pada tanggal 29 Juni 2021 di Institut Teknologi Adhitama Surabaya.

Mahasiswa yang mendapat penghargaan tersebut diantaranya:

• Muhammad Senna Hastoanggoro (DP 2016) kategori Transformative Design Solution untuk karya desain produk AMMDes Pengolah Limbah Medis B3.

• Siti Nadhila Amalia (DP 2016) kategori Unique Design Solution untuk karya desain produk FOZO Alat Sterilisasi Ozon Portable Pribadi Saat Pandemi.

• Kelvin Febrian (DP 2016) kategori Nominator IIDSA I untuk karya desain produk VINEST FOLK, Desain Topiory Tanaman Rambat untuk Masyarakat Perkotaan Jakarta di Masa Pandemi.

 

Carissa Nuryasmin Putri (Desain Produk 2019) berhasil lolos pada seleksi program IISMA 2021 (Indonesian International Student Mobility Award). IISMA merupakan program yang diselenggarakan oleh Kemdikbud dan merupakan salah satu program unggulan dari delapan program Kampus Merdeka yang bertujuan untuk memberi hak dan kesempatan bagi mahasiswa untuk melakukan kegiatan pengembangan diri di luar kampusnya pada perguruan tinggi terbaik luar negeri.

Melalui program tersebut, Carissa mendapatkan beasiswa untuk melakukan studi ke Hochschule Hannover di Jerman selama 1 semester.

Senna Hastoanggoro, mahasiswa Desain Produk angkatan 2016 terpilih sebagai TOP 5 dalam kompetisi AMMdes Digimodz 2 pada Oktober 2020.

Pandemi COVID-19 menyebabkan terjadinya penumpukan limbah medis di Indonesia, di mana jumlah limbah medis yang diproduksi setiap harinya melebihi kapasitas pengolahan limbah medis yang tersedia. Ketidaktersediaan fasilitas pengolahan limbah medis di sebagian daerah turut menghambat penanganan limbah medis.

AMMDes Medical Waste Treatment Unit dilengkapi dengan sistem pengolahan limbah medis dengan teknologi microwave yang ramah lingkungan. Pengaplikasian sistem pengolahan limbah medis yang terintegrasi dengan AMMDes memungkinkan proses pengolahan dilakukan secara mobile, sehingga penanganan limbah medis menjadi lebih efisien, dan unit dapat dikerahkan dengan cepat ke daerah yang membutuhkan fasilitas pengolahan limbah medis.

Siti Nadhila Amalia (Desain Produk angkatan 2016) dengan karyanya “ARDIEDAE LAMP” terpilih menjadi pemenang OCIC 2020 (Open Call Indonesia Creation) yang diselenggarakan oleh Abbasource @abba.source dan Himpunan Desainer Mebel Indonesia. Karyanya ini akan ditampilkan pada Salone del Mobile 2021 di Milan.

Ribka Emmanauli, mahasiswa Desain Produk 2018 terpilih sebagai Mahasiswa Berprestasi mewakili FSRD untuk seleksi tingkat Universitas Trisakti pada Penyelenggaraan Pemilihan Mahasiswa Berprestasi 2020 yang dilaksanakan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Setiap peserta diseleksi prestasi akademis dan non akademis, memiliki kemampuan Bahasa Inggris dan membuat karya ilmiah gagasan kreatif. Selain berprestasi akademis, Ribka juga aktif dalam kegiatan organisasi AIESEC Trisakti, yaitu organisasi internasional untuk para pemuda yang membantu mengembangkan potensi kepemimpinan mereka.